Senin, 06 Oktober 2014

keuntungan mengkonsumsi kopi

Manfaat kopi (minumlah setidaknya 1 cangkir sehari) :
  • Menurut Harvard Women’s Health, konsumsi kopi beberapa cangkir sehari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, pembentukan batu ginjal, kanker usus besar, penyakit parkinson, kerusakan fungsi hati (sirosis), penyakit jantung serta menghambat penurunan daya  kognitif  otak.
  • Diabetes. Dua puluh studi yang dilakukan di seluruh dunia menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.
  • Kanker. Riset secara konsisten menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar.
  • Sirosis. Kopi melindungi hati dari sirosis, terutama sirosis karena kecanduan alkohol.
  • Penyakit Parkinson. Para peminum kopi memiliki risiko terkena parkinson setengah lebih rendah dibanding mereka yang tidak minum kopi.
  • Penyakit jantung dan stroke. Konsumsi kopi tidak meningkatkan risiko jantung dan stroke. Sebaliknya, kopi justru sedikit mengurangi risiko stroke. Sebuah studi menyatakan lebih dari 83.000 wanita berusia >24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil yang sama.
  • Fungsi kognitif. Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Perancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33% pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.
Zat Dalam Kopi Untuk Kesehatan :
1. Acetylmethylcarbinol
– Zat pemberi rasa kopi dan rasa mentega.
2. Ethylphenol – Studi klinis telah menunjukkan bahwa fenol tertentu memiliki karakteristik yang dapat bermanfaat bagi kesehatan seseorang.
3. Caffeine - dapat menjadi salah satu zat dalam secangkir kopi sehat. Menurut studi klinis, kafein memiliki beberapa keuntungan. Hal ini dapat meningkatkan kinerja fisik dan mental. Kafein juga meningkatkan metabolisme, yang merupakan nilai tambah besar jika anda ingin menurunkan berat badan. Selanjutnya, ternyata kafein juga dapat membantu untuk mengurangi gejala kondisi seperti sakit kepala dan risiko penyakit seperti penyakit parkinson. Tentu saja, kuncinya adalah untuk minum kopi berkafein dalam aturan tertentu.
4. Dicaffeoylquinic Acid – Sebagai antioksidan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
5. Niacin – Juga dikenal sebagai vitamin B3, ini adalah sesuatu yang harus dimiliki dalam diet harian anda. Bahkan, dua atau tiga cangkir kopi dapat menyediakan sekitar 50% dari kebutuhan harian yang disarankan.
6. Quinic Acid – Jika anda pernah bertanya-tanya apa yang membuat kopi sedikit berasa asam? Itu adalah zat asam quinic. Asam Quinic digunakan untuk berbagai jenis obat, seperti yang digunakan untuk mengobati strain influenza A dan influenza B. Sesuatu yang digunakan untuk memerangi flu jahat ternyata dari zat dalam kopi.
Dosis yang Dianjurkan
Mengonsumsi kopi harus mengetahui dosis yang tepat untuk meminumnya. Minum kopi dalam jumlah yang cukup atau sedang tidak akan membahayakan kesehatan kita, bahkan kopi bermanfaat bagi kesehatan.
Memang belum ada ukuran yang pasti untuk dosis kopi yang boleh dikonsumsi orang. Namun kebanyakan penelitian mengungkapkan bahwa minum 100mg -300 mg caffeine (sekitar 1 sampai 3 cangkir kopi sehari) tidak memberikan efek negatif pada kebanyakan orang sehat. Ada juga yang mengatakan jumlah yang boleh dikonsumsi adalah 100-150 mg kafein perhari atau setara dengan 1 cangkir kopi perhari.
Mengonsumsi lebih dari 600 mg kafein yang setara dengan 5-6 cangkir kopi per hari akan membuat Anda kecanduan. Sedangkan dosis yang dapat berakibat fatal bagi manusia adalah sekitar 10 gram kafein atau 20-50 cangkir perhari.
Florida Alzheimer’s Disease Research Center, menyebutkan dosis kopi yang dikonsumsi secara wajar setiap hari adalah sebanyak 500 milligram kafein atau sama dengan 5 cangkir ukuran 236,5 mililiter kopi. Takaran ini disebutkan tidak berbahaya bagi kesehatan namun, itu diperuntukkan untuk orang yang tidak mengidap darah tinggi, wanita hamil dan yang pasti tubuh dalam keadaan sehat.
Kafein sebenarnya tidak hanya terkandung dalam kopi saja, tapi juga terdapat pada teh, minuman berenergi, minuman bersoda, cokelat dan bahkan pada obat sakit kepala. Perlu diketahui secangkir kopi mengandung sekitar 80 miligram kafein dan satu cangkir teh atau satu soda mengandung sekitar 50 miligram kafein. Untuk cokelat, selain mengandung kafein juga mengandung teobromin. Teobromin mempunyai peran seperti kafein.

Kandungan kafein dalam berbagai sumber minuman :
Sumber Kandungan 
Kafein Secangkir kopi 85mg
Secangkir teh 35 mg
Minuman berkarbonasi 35 mg
Minuman berenergi 50 mg
Jenis kopi Kadar
Kopi instan 2,8 – 5,0%
Kopi moka 1,00%
Kopi robusta 1,48%
Kopi arabika 1.10 %

Berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar